Pengertian Administrasi Logistik / Administrasi Perbekalan Menurut Para Ahli



       Pengertian Administrasi Logistik / Administrasi Perbekalan Menurut Para Ahli             
            
Administrasi logistik dalam istilah asing disebut “suply menajement” yaitu proses kegiatan dari fungsi-fungsi yang merupakan perpaduan dalam bidang-bidang perkiraan, kebutahan,anggaran, pengadaan, penyimpanan, distribusi, pemeliharaan, dan penghapusan.

Menurut Bowersox (2002:14) menajement logistik adalah “tanggung jawab manajerial mendesain dan mengurus suatu sistem untuk mengawasi arus dan penyimpangan yang strategis bagi materil, suku cadang dan barang jadi agar dapat diperoleh manfaat maksimum bagi perusahaan.”

Handi (2007) mengemukakan pengertian administrasi perbekalan adalah:
Penilitian dan poenentuan kebutuhan dan perbekalan kerja, pembukuan dan perincian kerja-kerja, proses pembelian barang, pencatatan dan pengurusan harta benda, teknik penyimpanan dan perawatan barang, prosedur penyingkiran benda yang tidak diperlukan lagi, pengurusan dan pemeliharaan gedung dan penyusunan tata ruang kantor.

Widodo (dalam Mustadjar, 2004 : 9) mengemukakan bahwa administrasi perbekalan adalah aktifitas yang bersangkut paut dengan masalah penilitian, penyediaan, penggunaan, penyimpanan, dan pemeliharaan barang-barang serta benda-benda dalam suatu usaha kerjasama.


Pengertian di atas,terdapat beberapa rangkaiyan kegiatan dalam adminitrasi perbekaln yaitu; pandangan,penyimpanan,penggunaan serta pemeliharaanya, dan penyingkiranya apabilah tidak digunakan lagi.
Uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa adminitrasi perbekalan adalah suatu peroses atau rangkaian kegiatan perencanaan kebutuhan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan serta penghapusan materi/alat-alat yang tidak bisa digunakan lagi.