Administrasi perbekalan PENGERTIAN / DEVINISI / PARA AHLI


















 



Nama: lukman khakim
Kelas : 6.E
Nim: 1312858

STIA
SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI
PUANGRIMAGGALATUNG
SENGKANG
2016


Administrasi perbekalan terdiri dari 2 istilah yang membangunya yaitu administrasi dan perbekalan. Menurut sondang P. Siangian Administrasi adalah keseluruan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya sedangkan Perbekalan adalah segala sesuatu, benda ataupun barang yang terdapat pada suatu organisasi, perbekalan dinyatakan cukup bila segala benda atau barang yang dibutuhkan oleh masing-masing unsur organisasi tersedia pada waktu dan tempat yang dibutuhkan. Istilah perbekalan juga biasa disebut dengan beberapa istilah seperti logistik, barang, material, peralatan, perlengkapan dan sarana prasarana.

Oleh karena itu, manajemen perbekalan pun lazim disebut dengan beberapa istilah seperti manajemen logistik, administrasi perbekalan, manajemen barang, administrasi barang, manajemen material ataupun administrasi material. Berdasarkan batasan tersebut dapat dinyatakan bahwa manajemen perbekalan merupakan serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan, dan penghapusan perbekalan guna mendukung efektivitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi. 

devinisi Pengertian administrasi perbekalan menurut para ahli
 lihat disini



1.      administrasi perbekalan merupakan Suatu proses secara strategis mengatur pengadaan, gudang penyimpanan dan pergerakan material, komponen dan menyelesaikan inventori ( invormasi yang terkait mengalir ) melalui organisasi dan saluran pemasarannya sedemikan sehingga profitabilitas sekarang dan yang akan datang dimaksimalkan melalui pemenuhan order, pesanan yang hemat biaya.

2.    administrasi perbekalan merupakan   Rangkaian kegiatan yang meliputi fungsi-fungsi  perencanaan, penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan, peghapusan dan inventarisasi serta piñata usahaannya.

3.     administrasi perbekalan/ Logistiak yaitu sebagai suatu ilmu pengetahuan atau seni serta proses mengenai proses perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyampaian, penyaluran dan pemelilharaan, serta penghapusan material.

4. Ilmu Administrasi Perbekalan adalah Cabang ilmu administrasi perbekalan mempelajari segenap rangkaian kegiatan penataan, pengadaan, pencatatan, pengaturan pemakaian, pemeliharaan dan penyingkiran benda dalam kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.

5. Manajemen logistic
adalah suatu ilmu pengetahuan dan seni serta peroses mengenai perencanaan dan penentuan kebutuhan pengadaan, penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan serta penghapusan material.
6. administrasi logistik
adalah suatu cabang atau turunan dari ilmu administrasi yang menekankan pada segala proses pengelolaan barang dari mulai pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan sampai pada penghapusan barang-barang yang dapat berupa barang habis pakai maupun tahan lama agar nantinya dapat tercapai tujuan secara lebih efektif dan efisien.

7.    Administrasi Perbekalan
Administrasi Logistik dapat diartikan sebagai segenap aktivitas penyelenggaraan yang meliputi perencanaan dan pembinaan benda–benda yang diperlukan dalam suatu organisasi, serta penyingkiran benda–benda yang tidak diperlukan lagi bagi organisasi. Selain itu administrasi perbekalan juga dapat diartikan sebagai proses tersendiri meliputi perencanaan, penentuan kebutuhan, anggaran kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, penghapusan, dan inventarisasi yang tidak hanya berfungsi sebagai bagian dari administrasi keuangan yang baik, tetapi juga merupakan bagian dalam perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan atau proyek. Administrasi perbekalan biasanya digunakan dalam lingkup pemerintahan dan proyek-proyek tertentu.

8.  Administrasi Materiil
Administrasi materiil sebenarnya hampir sama dengan administrasi perbekalan, yakni proses penataan barang–barang baik yang berujud tahan lama (inventaris) maupun barang yang pakai habis yang diperoleh melalui  suatu tahapan perencanaan kebutuhan, pengadaan, penerimaan/penyimpanan, pendistribusian, pemeliharaan, penghapusan/pelelangan, pengawasan, pelaporan dan evaluasi. Jadi kajian dari administrasi materiil sebenarnya sama dengan administrasi perbekalan. Tujuan dari adanya administrasi materiil adalah materiil yang ada dapat efisien dan dapat digunakan sesuai jangka waktu sesuai dengan umur seharusnya. Sebagai contoh: dalam pengelolaan perlengkapan material milik daerah perlu dikelola sebaik mungkin agar natinya dapat digunakan secara efisien dan tidak mengganggu APBD yang telah disusun.

9. Manajemen Materiil
Seperti halnya istilah-istilah yang telah dijelaskan sebelumnya manajemen materiil sebenarnya mempunyai bidang ajian dan fungsi yang sama dengan dua istilah yang telah dijelaskan sebelumnya. Sebelum mengartikan pengertian manajemen materiil alangkah baiknya jika kita mengetahui definisi dari manajemen. Istilah manajemen bersal dari perkataan bahasa italia “maneggiare” yang berarti “melatih kuda-kuda” atau secara harfiah “mengendalikan (to handle)”. Sebenarnya istilah manajemen dan administrasi memiliki arti yang sama yakni sebagai suatu proses namun yang membedakan adalah ruang lingkup penggunaannya. Administrasi biasa digunakan di kalangan birokrasi atau pemerintahan negara sedangkan manajemen biasanya digunakan di kalangan perusahaan atau badan-badan swasta. Jadi, manajemen materiil dapat diartikan keseluruhan proses pengendalian orang dan barang – barang melalui sistem penataan/pengelolaan mulai dari perencanaan, penganggaran, pengadaan, penerimaan, penyimpangan, pendistribusian(pemakaian), pemeliharaan hingga penghapusannya.  

10. Manajemen Logistik
Istilah manajemen telah dijelaskan pada pengertian sebelumnya, yakni sebagai suatu proses untuk mengendalikan segala bentuk sumber daya yang ada agar nantinya dapat berjalan secara efektif dan efisien. Oleh karena itu manajemen logistik dapat diartikan sebagai suatu proses mengendalikan baik itu berupa perencanaan sampai pada pengawasan segala bentuk sumber daya logistik yang ada agar nantinya dapat tercapai tujuan secara efektif dan efisien.

            Dengan mengkaji beberapa istilah-istilah yang hampir sama dengan administrasi logistik di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada dasarnya istilah-istilah tersebut memiliki makna yang sama satu sama lain. Istilah-istilah tersebut sebenarnya sama-sama merujuk pada suatu konsep atau pengertian tentang suatu proses pengelolaan sumber daya logistik agar berjalan secara efektif dan efisien. Sama halnya dengan dministrasi dan manajemen yang sebenarnya memiliki makna yang sama hanya saja lingkup penggunaannya saja yang berbeda. 

 baca juga 

devinisi / pengertian administrasi perbekalan menurut para ahli  disini



Thanks for
Lukmankhakim dalam blognya
http://extrawebdia.blogspot.co.id
http://istiyulistia.htm
http://wahyufisipuns.blogspot.co.id/2014/02/pengantar-administrasi-logistik.html