Perbedaan unsur-unsur administrasi dan fungsi-fungsi administrasi



Perbedaan unsur-unsur administrasi dan fungsi-fungsi  administrasi


Menurut S.P Siagian memberikan pembagian unsur-unsur Administrasi atas 4 unsur, yaitu :
1.    Dua orang manusia atau lebih.
2.    Tujuan .
3.    Tugas yang hendak dilaksanakan.
4.    Peralatan dan perlengkapan.

Keempat unsur dari administrasi diatas dikatakan beliau sebagai bagian yang mutlak dari Administrasi.

The Liang Gie membagi Administrasi atas 8 unsur yaitu :
1.     Organisasi
Organisasi adalah unsur pertama dari administrasi dan merupakan wadah di mana kegiatan-kegiatan administrasi dijalankan.

2.     Manajemen
Manajemen adalah aktivitas menggerakkan segenap orang dan mengarahkan semua fasilitas yang dipunyai oleh sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Faktor manajemen (5M): Man, money, metode, market, material, dan mechine. Fungsi manajemen: POAC & POSDCORB

3.      Komunikasi
Komunikasi adalah penyampaian pesan yang mengandung macam-macam keterangan dari seseorang kepada orang lain dalam suatu organisasi tertentu dan dalam  rangka usaha kerja sama untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. syarat komunikasi :
a.        Ada berita atau warta
b.      Ada sumber berita
c.       Terjadi dalam setiap usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Unsur sempit
4.     Kepegawaian
Kepegawaian adalah suatu kegiatan yang mengurus tenaga kerja manusia. Kegiatan kepegawian meliputi: penerimaan, penempatan, pembimbingan, peningkatan, dan pemberhentian.

5.     Keuangan
Keuangan adalah kegiatan yang berkaitan dengan biaya dalam suatu organisasi. Pengelolaan keuangan dimulai dari sumber biaya diperoleh, cara menggunakan uang kalau sudah didapat, dan cara mempertanggujawabkan secara sah dan efisien.


6.     Perbekalan
Perbekalan adalah kegiatan yang mengurus barang-barang perbekalan yang dapat membantu terlaksananya suatu kegiatan dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Pengurusan barang-barang perbekalan mulai dari menentukan berapa banyak barang yang diperlukan, pemakaian barang, pemeliharaan, dan penyingkiran.

7.     Katatausahaan
Ketatausahaan adalah suatu kegiatan penataan atau pengaturan bahan keterangan mulai dari menghimpun, mencatat bahan-bahan keterangan sampai dengan mengolah, mengadakan, mengirim, dan menyimpan bahan-bahan keterangan.


8.     Humas (hubungan masyarakat)
Humas adalah suatu aktivitas yang berusaha untuk menjaga hubungan baik atau jalinan baik antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain.