Bisnis Alternatif Yang Bisa Dilakukan Pada Waktu Luang / Senggang



Bisnis Alternatif  Yang Bisa Dilakukan Pada  Waktu Luang / Senggang 



            Berbisnis tanpa menguras banyak waktu, Anda ternyata dapat membesarkan bisnis dari kegiatan yang cukup sederhana. Berikut sembilan bisnis yang dapat dimulai dan dikembangkan di tengah waktu luang:

1. Berjualan barang bekas
Mulai dari menjual buku-buku antik hingga boneka masih layak pakai, Anda dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Pasalnya, banyak orang yang gemar mengkoleksi barang unik hingga tak segan mengeluarkan uang untuk memperolehnya.
Tentu saja, Anda harus pandai memilih barang bekas menarik yang bisa dijual. Bahkan jika tidak memiliki barang bekas, Anda masih bisa menjadi perantara antara pembeli dan penjual serta tetap memperoleh uang.

2. Lelang barang di situs online
Masih berkaitan dengan poin pertama, Anda ternyata dapat memperoleh keuntungan besar jika melakukannya melalui situs online. Anda bisa menyimpan gambar barang antik atau koleksi masa kecil yang dimiliki di situs online seperti eBay dan para pembeli akan datang sendiri.
Melalui situs online, Anda bisa melelang barang dan langsung melakukan tawar menawar dengan para pembeli

3. Menjadi penulis lepas
Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis yang baik, menjadi penulis lepas tampaknya sangat tepat untuk menjadi mesin pencetak uang pribadi. Anda dapat menjual tulisan pada sejumlah pemilik blog atau situs sejumlah perusahaan tertentu.

4. Merancang situs web
Meski tak semua orang memiliki keahlian di bidang teknologi, tapi para pemilik keahlian di bidang tersebut dapat meraup banyak uang. Memang, membutuhkan sedikit kerja keras unutk melakukannya, tapi ingat, merancang situs web dapat menghasilkan pendapatan yang menjanjikan.

5. Menjual foto
Para pecinta fotografi kini dapat mendapatkan uang dengan mudah. Dengan memasangnya di sejumlah situs online atau aplikasi online seperti instagram, para penjual foto dapat menarik banyak pembeli.
Bahkan beberapa perusahaan berani membayar hingga jutaan rupiah untuk sebuah foto produk. Bayangkan berapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menjual lebih dari satu foto.

6. Menjadi guru les pribadi
Sejumlah mata pelajaran seperti bahasa dan matematika biasanya menjadi subjek pilihan orangtua untuk les anaknya. Jika Anda memiliki waktu luang di sore atau malam hari, menggunakannya untuk menjadi guru les tentu dapat menghasilkan uang yang lumayan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

7. Menerjemahkan
Penerjemahan memiliki wilayah yang sangat luas untuk dilakoni. Bermacam-macam bidang membutuhkan para penerjemah baik secara lisan maupun tulisan. Anda bisa mengambil pekerjaan part time sebagai penerjemah dan mendulang untung dalam jumlah besar.

8. Membuat kerajinan tangan
Siapa bilang diam di rumah di hari libur tak bisa menghasilkan uang?. Faktanya, Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk membuat kerajinan tangan yang unik dan menjualnya dengan harga tinggi. Semakin unik kerajinan yang Anda buat, maka semakin tinggi pula nilai jualnya. (Sis/Nrm)


 Sumber: