7 Tips/ Hal / Cara Mudah Memulai Berwirausaha



7 Tips/ Hal / Cara Mudah Memulai Berwirausaha


Tidak harus bergelar pendidikan tinggi untuk bisa menemukan ide bisnis cemerlang. Siapapun bisa menemukan ide berwirausaha yang kemudian bisa menghasilkan uang secara terus-menerus untuk anda.
Ide-ide bisnis itu bertebaran dimana-mana. Mulai di internet sendiri, sampai keadaan di sekitar anda. Ide-ide itu bisa bersembunyi di dapur anda, di garasi rumah, atau mungkin di kolong tempat tidur anda. Juga dalam diri anda sendiri.
Tahu maksud saya? Menemukan ide bisnis itu sebenarnya sederhana yaitu ketika anda mampu menemukan sebuah masalah dan mampu memberikan solusinya, maka jadilah sebuah peluang bisnis. Benar menemukan ide bisnis hanya sesederhana itu.
Mungkin mobil di garasi anda terlihat kusam, maka muncul ide produk pengkilap mobil. Kalau kolong di bawah tempat tidur anda berdebu, muncul ide alat pel lantai dan cairan pel dengan berbagai variasi bentuknya.
Nah, dari ide-ide seperti itulah bisnis itu kemudian berkembang dan menghasilkan keuntungan. Kalau masih ada yang bingung soal inti mencari ide bisnis di atas, mari saya jabarkan lebih jauh lagi.
1. Lihat sekeliling anda
Ini salah satu cara paling simpel. Tidak usah susah-susah, anda jalan keluar rumah anda dan lihat di sekeliling anda ada usaha apa saja. Mungkin ada usaha cuci mobil, ada warnet, warung makan, dan sebagainya. Dan kalau diperhatikan semua usaha itu bisa eksis, meski mungkin ada lebih lima warung makan di lingkungan anda, tapi semuanya masih tetap buka usaha kan?
Anda sudah dapat ide bisnis-nya kan? Hanya saja kalau anda ingin buka usaha sejenis, satu tips tambahan dari saya: lakukan diferensiasi biar usaha anda unik.
Kalau anda ingin buat produk informasi tentang produk-produk tersebut juga bisa. Sudah ada banyak contohnya seperti misal bisnis warnet/bisnis online.
2. Bisniskan hobi anda
Anda suka mancing.? Anda bisa bisniskan keahlian anda itu. Lakukan apa yang anda suka dan buat bisnis dari sana. Ubah hobi anda menjadi hobi yang menghasilkan uang buat anda. Mudah kan?
3. Ajari orang lain dan kenakan biaya
Mungkin anda pintar bahasa Inggris,komputer atau pintar desain,mengetik dll anda bisa ajari orang-orang secara upline Atau online, dan anda kenakan biaya. Anda bisa memberikan pelajaran kepada para murid anda cukup dari depan monitor komputer anda.
4. Amati,Ikuti & kembangkan.
Jika anda masih tetap bingung bisnis apa yang hendak anda lakukan, lihatlah Usaha atau bisnis apa yang berkembang di sekitar anda, lalu ikuti kemudian buat ciri khas yang berbeda agar anda tidak di cap mencontek, lalu kelola usaha anda lebih baik dari yang anda tiru. Yang terpenting adalah anda tidak menjiplak sama persis, karena nanti anda akan dikenakan pelanggaran hak cipta.
5. fokus pada tujuan , keuntungan dan manfaat untuk orang lain.
Banyak orang membuka usaha karana adanya peluang sehingga apabila ingin berwirausaha anda harus memilih usaha yang menguntungkan baik kepada diri andaa sendiri maupun orang lain dan fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai.
6. menciptakan ide –ide /kreativitas baru
Dalam dunia ini tidak ada yang tidak mungkin apabila kita mau usaha dan bekerja keras  anda sebelum membuka bisnis anda harus tau bisnis apa yang pantas / cocok di jalankan. Atau anda membuat / menciptakan ide-ide baru tentang berwira usaha seperti membuat kerajinan, recycle barang bekas atau yang lainnya agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih
7. Manfaatkan hal yang ada
Dalam hal ini bisa berupa lahan yang kita punya yang tidak pernah kita pakai ,pikiran kita, ide-ide atupun hal yang lainnya untuk berwirausaha serta jangan sia-siakan kesempatan. Dan mulailah dari bisnis yang kecil-kecil dahulu yang ikutilah perkembangan yang ada.
Sering sekali saya mendapati orang-orang bertanya pada temannya, Usaha apa yang bagus ya,,? Usaha yang bagus, adalah usaha yang di jalankan dengan baik, bukan di tanyakan terus…!!! Selamat mencoba.
Referensi:
4 Hal Cara Mudah Memulai Berwirausaha... - Komunitas Wirausaha.htm